Ringkas Persiapan Keberangkatan Anda dengan Tip Berikut Ini!

Tahap persiapan keberangkat menjadi sangat melelahkan bagi yang belum pernah meninggalkan rumah dalam waktu lama. Pikiran dan tenaga akan sangat terkuras, terlebih saat membuat daftar prioritas. Berikut beberapa tip yang bisa dilakukan menjelang keberangkatan.

1. Salin Dokumen Penting

Jika Anda melakukan perjalanan untuk melanjutkan sekolah, pastikan semua berkas cetak terlampir secara rapi. Untuk menjaga-jaga ada berkas yang tercecer, sempatkan untuk menyalinnya dalam bentuk softcopy dan simpan di dalam flashdisk, hardrive, atau internet drive (iCloud, Google Drive, Dropbox, dll). Dengannya, Anda tetap bisa dengan mudah mengakses jika kehilangan salah satu dari berkas penting tersebut. Bagi keberangkatan luar negeri, salinan paspor, visa, dan izin tinggal juga jangan terlupakan karena itu adalah tanda pengenal Anda saat di luar negeri nanti.

2. Bawa Barang Secukupnya Saja.

Terdapat banyak perlengkapan yang sebenarnya bisa didapatkan disana. Cukup bawa perlengkapan mendesak yang sesuai dengan musim saat Anda tiba (jika tujuannya adalah luar negeri). Bagi yang di dalam negeri, bawalah barang yang benar-benar penting saja. Seleksi pakaian yang benar-benar Anda butuhkan. Membawa banyak jenis sepatu ke daerah yang bermusim sama sepanjang tahun terlalu mubazir. Ada baiknya hal tersebut dihindari dengan membuat daftar prioritas barang. Membuat daftar barang penting yang perlu dibawa akan membantu mengurangi tas dan beban bagasi yang Anda bawa.

3. Seleksi Jenis Makanan.

Meskipun dikemas dalam bagasi, tidak semua jenis makanan (buah, tumbuhan, dll) bisa di bawa ke luar negeri. Beberapa negara menerapkan pelarangan terhadap jenis tertentu. Ada baiknya memeriksa ketentuan jenis makanan (atau barang) yang boleh dibawa keluar dari Indonesia dan diperbolehkan masuk di negara tujuan. Obat-obatan juga termasuk dalam kategori yang hanya boleh dibawa dalam jumlah tertentu saja.

4. Kemas Barang Tidak Lebih Dari 20 kg/tas

Maskapai internasional sudah banyak yang memberi bagasi 30 kg bagi penumpang ekonomi. Tapi, bukan semata-mata hanya satu koper dengan berat 30 kg. Sebaiknya membawa tas dengan beban 20 kg dan 10 kg atau masing-masing 15 kg. Dikhawatirkan, karena terlalu beratnya tas yang Anda bawa akan menyusahkan petugas bagian bagasi dan tas Anda pun mudah rusak karena sulit untuk dipindahkan (baca ketentuan bagasi maskapai yang Anda gunakan).

5. Sediakan Uang Kecil

Saat transit dan kelaparan, jajan menggunakan pecahan uang 100 USD sangat tidak disarankan. Kebanyakan kasir menolak uang tersebut jika barang yang Anda beli hanya sebatang coklat berharga dibawah 10 USD. Ada baiknya menyediakan uang pecahan kecil baik untuk keberangkatan dalam maupun luar negeri.

6. Simpan Uang Tunai pada Beberapa Tempat Berbeda.

Jangan sekali-kali menyimpang uang tunai dalam jumlah cukup besar di satu tempat. Selisihkan beberapanya untuk dimasukkan ke kantong celana, jaket, baju, tas tenteng, dan carry-on luggage. Pastikan juga tersimpan dengan baik agar tidak tercecer saat berpindah-pindah.

7. Sediakan Botol Minum Kosong

Mengambil penerbangan langsung biasanya memakan banyak biaya. Tip ketujuh ini bisa diterapkan bagi yang mengambil perjalanan dengan transfer flight. Pada beberapa bandara intenasional, tersedia tempat minum melalui keran. Nah, Anda bisa mengisi airnya disini dan siap berkelana keliling bandara untuk melihat-lihat.

8. Inflatable Pillow

Tip kedelapan ini pilihan bagi yang melakukan long-haul flight. Tidur tanpa bantuan bantal leher membuat perjalanan lebih melelahkan. Jika barang bawaan kabin Anda tidak banyak, ada baiknya menyediakan bantalan leher. Jika bisa mendapatkan jenis inflatable akan lebih baik, karena akan menghemat ruang pada tas Anda.

8. Lupakan Sejenak

Jangan memaksakan diri untuk mengemas barang seharian penuh. Usahakan untuk menyelesaikan pengemasan barang-barang yang akan dibawa sehari atau dua hari sebelum keberangkatan. Jadi Anda masih punya banyak waktu untuk memeriksanya kembali.

Tip Penting!

Pastikan jumlah barang bawaan Anda dalam hitungan. Jangan meninggalkan tempat pengambilan bagasi sebelum memastikan seluruh barang bawaan Anda sudah ada di tangan.

Semoga berhasil!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s